TERIMA BUPATI - Rektor Unwar Dewa Putu Widjana men­erima Bupati Gianyar AAG Agung Bharata bersama Ketua Yayasan Kesejahteraan Korpri Bali, Wakil Rektor III Unwar dan Dekan Fakultas Pertanian Unwar di Kampus Unwar

 REKTOR Universitas Warmade­wa (Unwar) Prof. dr. Dewa Putu Wi­djana, DAP&E., Sp.ParK menerima Bupati Gianyar A.A. Gde Agung Bharata. S.H. beserta jajarannya di Ruang Rapat Rektor, Selasa (21/3). Pertemuan dihadiri Ketua Yayasan Kesejahteraan Korpri Provinsi Bali, Wakil Rektor III, Dekan Fakultas Pertanian beserta jajaran,  Kepala BAAK dan Kepala BAPPSIK.

Dekan Fakultas Pertanian Unwar Ir. Dewa Nyoman Sadguna, M.Agb., kedatangan Bupati Gianyar ini merupakan sebuah kehormatan, karena apa yang dilakukannya se­lama ini dipercaya oleh stakeholder. Ini membuat semangat pihaknya lebih tinggi melaksanakan kegiatan yang berkaitan dengan kajian-kajian ilmiah atau kajian-kajian terapan. "Ini adalah tantangan Fakultas Per­tanian Unwar. Dengan kegiatan ini, suasana akademis terutama dosen untuk melakukan kajian-kajian men­jadi lebih tinggi. Suasana akademis yang hidup maka proses Tri Dharma Perguruan Tinggi akan berjalan baik," katanya.

Menurut Rektor Unwar Dewa Putu Widjana, kerja sama yang sedang dibina dengan Kabupaten Gi­anyar merupakan salah satu upaya untuk ikut berpartisipasi dalam pem­bangunan daerah. "Hari ini kita sepa­kat melakukan contracts agreement dengan Dinas Pertanian Gianyar dan Fakultas Pertanian Unwar tentang perikanan, pertanian organik dan pemuliaan sapi," ujarnya.

Dikatakannya, Bupati Gianyar meminta supaya KKN tematik yang akan dilaksanakan Unwar tahun ini mengambil sebagian daerah Gianyar. Lewat KKN, Unwar bisa memberi­kan kontribusi dalam pembangunan masyarakat karena KKN tematik intervensinya bersifat integratif. Penyelesain satu masalah bukan hanya di satu aspek karena masalah itu penyebabnya multifaktor. "KKN akan berlanjut, jadi setiap tahun bisa digarap. Di Gianyar, Unwar sudah mempunyai desa binaan tetapi khusus untuk FKIK. Kami ingin diperluas, Fakultas lain yang ada di Unwar juga dapat membantu desa binaan tersebut," jelasnya.

Ketua Yayasan Kesejahteraan Ko­rpri Provinsi Bali Dr. Drs. A.A. Gede Oka Wisnumurti, M.Si. merespons positif kehadiran Bupati Gianyar di Unwar dalam rangka menindaklan­juti kerja sama yang sudah terjalin lama. Unwar bersama Pemkab Gi­anyar membangun satu pola perta­nian yang terintegrasi khususnya di bidang kelembagaan, produk hukum dan pemuliaan sapi Bali beserta side effect lainnya, pengolahan sampai pertanian terhilirisasi.

Ia mengharapkan nantinya ini bisa menjadi pilot project bagi War­madewa yang sesungguhnya sudah dilakukan di beberapa tempat, tetapi untuk di Gianyar skalanya lebih besar. "Ini bisa menjadi pilot project untuk sustainable agriculture di mana Warmadewa menjadi salah satu Steering Committee dalam Asia-Parifk sustainable agriculture," ungkapnya.

Bupati Gianyar mengharapkan sesegera mungkin mengimplementa­sikan konsep hilirisasi pembangunan di daerah yang di dalamnya termasuk aspek pertanian, sarana-prasarana fisik dan pembangunan, kesehatan serta aspek lainnya. Salah satu pene­kanannya bagaimana pertanian bisa ditingkatkan kualitasnya di daerah Gianyar.

 

"Dari dulu kami sudah bekerja sama dengan Unwar, tetapi kali ini kami fokus di bidang pemuliaan sapi Bali di salah satu desa. Sapi Bali sudah terkenal di dunia dan hanya ada satu spesies di Bali. Saya ingin memuliakan sapi Bali. Dengan pemuliaan sapi Bali, nilai jualnya akan lebih mahal. Keunggulan sapi Bali pada daging dan produksinya tinggi. Selain itu, apa pun yang keluar dari sapi semuanya berguna," papar Agung Bharata.


Bali Post Kamis Paing, 23 Maret 2017 


Tamu Online

We have 5 guests and no members online

Subscribe Berita Kami!

Follow
Subscribe to this content and receive updates directly in your inbox.
Name
Email

Penilaian Website Kami

         yayasankorpribali.org review, PageRank, website value and SEO analytics       yayasankorpribali.org review, PageRank, website value and SEO analytics